Siswa Muallimin Turut Meriahkan HSN 2017


Muallimin Online,
Siswa Muallimin turut serta dalam peringatan puncak Hari Santri Nasional 2017 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas pada Ahad (22/10).

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017, Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas mengadakan beberapa rangkaian kegiatan. Dari parade reog pagar nusa & santri, Rabu (18/10) lomba mewarnai TK Muslimat, dan Kamis-Sabtu (19-21/10) Lomba Guru Se-Bahrul Ulum dan Ahad (22/10) upacara bendera untuk memeringati hari santri Nasional di Lapangan Untung Suropati Tambakberas.

Pada hari ini, Ahad (22/10) Kegiatan upacara yang dilangsungkan lapangan untung suropati merupakan kegiatan puncak Hari Santri Nasional 2017. Kegiatan yang diselenggarakan dan diikuti kedua kalinya oleh santri Pondok Pesantren bahrul Ulum (pada tahun sebelumnya dilaksanakan di alun-alun Jombang dengan berbagai pondok Pesantren di seluruh kota jombang yang bekerja sama dengan Pemda Jombang).

Upacara HSN 2017 di lapangan Untung Suropati (22/10) merupakan kegiatan penutup dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan HSN 2017 di Bahrul Ulum.

Petugas upacara HSN 2017 ini merupakan petugas gabungan dari Madrasah Unggulan Wahab Hasbulloh dan MAN Tambakberas.

Tak tertinggal pula para peserta upacara yang begitu bersemangat menyanyikan lagu-lagu Ya Lal Wathon atau lagu santri nusantara, serta mars sekolah masing-masing, mulai dari berangkat dari sekolah masing-masing sampai berada di lapangan Untung Suropati. Panas matahari pun tak menghalangi kobaran semangat para santri yang turut memeriahkan HSN 2107 di bumi Tambakberas.

Upacara Hari Santri Nasional begitu semarak karena seluruh siswa unit lembaga formal di bawah naungan Yayasan PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang hadir dan turut menyemarakkan kegiatan upacara dalam memeringati hari santri nasional 2017 ini.

Puncak peringatan HSN 2017 ini juga dibarengi dengan rangkaian acara pembukaan OSIS meeting Keluarga Pelajar Madrasah (KPM) Bahrul Ulum. Dalam pembukaan tersebut ditampilkan atraksi tari komando dari panitia KPM-BU dan santri Pondok Pesantren Al-Muhibbin Bahrul Ulum yang tak hentinya memukau para dewan guru pun tak sedikit Para Dewan guru dan para Kiai yang tertawa karena gerakan para penari.

OSIS Meeting merupakan gelaran kompetisi –berbagai lomba jasmani dan rohani- yang diikuti oleh seluruh unit formal di bawah naungan YPPBU.

Sedangangkan dalam proses upacara, sebagai Pembina upacara KH. Abdul Choliq Mustaqim.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa agenda terdekat yang akan diselenggarakan oleh YPPBU.

“Pertama saya akan menyampaikan pesan dari Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum bahwa beliau meminta doa restu dari para siswa, santri dan guru agar dalam penyelenggaraan Mubes YPPBU yang akan diselenggarakan di Trawas pada 11 November 2017 berjalan dengan lancar dan semoga barokah untuk kemaslahatan Pondok pesantren Bahrul Ulum”. Beber Kiai Choliq.

“Dengan diadakannya Hari Santri Nasional ini menunjukkan bahwa kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kaum santri dan ulama, juga turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah saat itu. Selain pejuang-pejuang Nasionalis” pungkas beliau dalam sambutannya.

Sambutan dari Majlis Pengasuh YPPBU disampaikan oleh KH. Hasib Abdul Wahab, sebelum Opening Ceremony Osis Meeting.

“Saya ingin menyampaikan amanat dari PBNU bahwa Pesantren-pesantren harus melaksanakan upacara hari santri semeriah mungkin. Dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum harus meriah.” Tutur Pak Hasib dalam sambutannya dengan diiringi tepuk tangan dari sekitar 6000 santri yang hadir.

Pada upacara ini juga turut serta seluruh guru dan karyawan dari seluruh unit formal di bawah naungan YPPBU. (kbu/inh/ma)

Add a Comment