Siswa Muallimin Mengadakan Tarling

Muallimin Online,
Malam ini, Senin (06/08), bertepatan dengan tanggal 18 ramadhan 1433 H, imam dan bilal sholat taraweh di musholla dusun Randubeso, Tampingmojo kecamatan Tembelang tidak seperti biasanya. Karena yang menjadi imam sholat taraweh pada malam itu adalah seorang pemuda yang suaranya cukup merdu, begitu juga dengan bilal yang bertugas memberi aba-aba sholat taraweh dan witir.

Setelah sholat taraweh dan witir selesai dilakukan, sejurus kemudian seorang siswa, Toni Lutfan, maju untuk memberikan ceramah yang dilanjutkan dengan tanya jawab seputar masalah fiqh. Tampak jamaah yang memenuhi musholla tersebut cukup antusias mengikuti kegiatan yang tidak seperti biasanya tersebut.

Di musholla tersebut, pada malam ini sedang berlangsung kegiatan Taraweh Keliling (Tarling) yang diselenggarakan oleh Madrasah Muallimin Bahrul Tambakberas Jombang.

Dalam kegiatan tarling ini Madrasah Muallimin mengirim 12 siswa dari kelas IV dan kelas V. Mereka secara bergantian dikirim ke masjid atau musholla di seluruh wilayah kecamatan Tembelang Jombang.

Kegiatan ini, menurut Maksum Chudlori, S.Ag adalah sebagai upaya mewujudkan keinginan siswa untuk mengabdi kepada masyarakat, terutama dalam bidang keagamaan. “namun sebelum berangkat dalam masa persiapan mereka kami bimbing terlebih dahulu bersama dengan Waka kesiswaan, bapak Bambang Hariadi”, kata pria yang akrab disapa Gus Maksum ini.

Lebih lanjut gus Maksum menambhakan, “Materi bimbingan yang kami berikan berkaitan dengan bagaimana menjadi muadzin, menjadi imam sholat, menjadi bilal serta materi ceramah yang berkaitan dengan fadhilah puasa bulan ramadhan”.

Sedangkan menurut salah satu jamaah sholat taraweh di mushollah, dalam menanggapi kegiatan tanya jawab seputar fiqh, dia sangat puas dengan jawaban-jawaban yang diberikan oleh siswa yang berdasarkan kitab fiqh yang dipelajari di madrasah kegiatan yang diadakan oleh siswa Muallimin tersebut. (mus)

Add a Comment