Siswa Muallimin Adakan Bahtsul Masail

Bahtusl MasailMuallimin Online,
Dalam rangka mempraktikkan kemampuan dan pemahaman serta penjabaran kitab kuning para siswa Muallimin Bahrul Ulum Tambakberas mengadakan bahtsul masail, pada Selasa (09/02/2016).

Kegiatan yang diselenggarakan di gedung aula Madrasah tersebut diikuti perwakilan kelas III sampai dengan kelas VI yg memiliki kompetensi dalam memahami kitab kuning.

Bahtsul masail-2Pertanyaan yang dilontarkan dalam bahstul masail kali ini adalah tentang hukum ghosob barang milik orang lain. Pertanyaan ini diajukan oleh salah satu siswa yang mengikuti bahstul masail. Rujukan yang digunakan dalam bahtsul masail ini adalah kitab Fathul Wahab, kitab Fathul Mu’in dan kitab Fathul Qorib.

Dalam melakukan pembahasan, yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut, mereka sangat antusias dalam memaparkan dalil serta argumen yg mereka miliki, meskipun terkadang ada sedikit kesalahan dalam penetapan dalil yang mereka gunakan. Sambutan dengan sorakan dan sedikit candaan dari teman ketika salah satu peserta menyampaikan argumentasi karena kekeliruan dalil yang disampaikan merupakan pemandangan yang biasa. Rasa tidak puas terlihat dari peserta yang disangkal dalilnya oleh musyawirin, namun saat mau menjelaskan lagi bel batas waktu penyampaian sudah habis.

Pembina dalam kegiatan bahtsul masail, K. M. Sholeh, menyatakan bahwa, kegiatan bahstul masail penting bagi siswa untuk melatih mental dalam problem solving masalah-masalah agama. “Bahtsul masail juga penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengkaji kitab kuning”, kata pria yang akrab disapa bah Sholeh ini.

Menurut Waka Kesiswaan Madrasah Muallimin, Bambang Hariadi, M.Ag, kegiatan ini merupakan kegiatan pengembangan diri bagi setiap siswa untuk berlatih menghadapi permasalahan agama yg begitu kompleks di masyarakat akhir-akhir ini. Lebih lanjut Bambang menyampaikan, “Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa mampu menyelesaikan persoalan agama dengan menggunakan kitab kuning yg mereka pelajari di madrasah, dan nantinya bisa bermanfaat bagi ummat.(mak)

Add a Comment