Siapa Fadhilatus Syech Yusri al Hasani?

Muallimin Online,
Selama sekitar 2 jam, FadhilatusSyekh Maulana Dr. Yusri Rusydi Jabr Al-Hasani, pada Sabtu (21/01/2017) memberikan kuliah umum kepada sekitar 500-an Kiyai, Guru, siswa-siswi di Madrasah Muallimin Muallimat Tambakberas. Siapa Syech Yusri?

Syekh Yusri Rusydi Jabr al-Hasani adalah salah satu Syech al Azhar Mesir, juga Mursyid Thoriqoh Yusriyyah Shiddiqiyyah Syadziliyyah Mesir. Syech Yusri mengambil Thoriqoh Shiddiqiyyah syadziliyyah dari Syekh Al-Muhaddits Abdullah bin Shiddiq Al-Ghumari.

Nasabnya berakhir di Sayyidina Hasan bin Ali, cucu Rasulullah Shallallahu `alaihi wa Sallam. Syeckh usri berakidah Sunni Madzhab al-Asy`ari dan dalam fikih bermazhab Syafi`i. Lahir di Kota Kairo pada tanggal 23 September 1954. Kemudian masuk ke sekolah negeri hingga akhirnya diterima sebagai mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo dan menjadi sarjana pada tahun 1978 dengan peringkat sangat baik.

Kemudian mendapatkan gelar Magister dalam bidang Bedah Umum dan Bedah Vaskular dari universitas yang sama pada tahun 1983. Selanjutnya mendapatkan gelar Doktor dalam bidang Bedah Umum pada tahun 1991 dan menjadi anggota Persatuan Dokter Bedah Internasional pada tahun 1992.

Beliau pun kemudian kembali menjadi mahasiswa, di Universitas al-Azhar fakultas Syariah wa al-Qanun pada tahun 1992 dan mendapatkan gelar Lisence (strata satu) di jurusan Syariah Islamiah pada tahun 1997 dengan peringkat Jayyid Jiddan.

Untuk pelajaran al Qura’an Syech memulai menghafal al-Quran dengan riwayat Hafs ketika menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran.

Add a Comment