Risalah Ulama Syafii, Karya Kelas Akhir Untuk Madrasah


Muallimin Online,
Kelas akhir (Kelas 6) Madrasah Muallimin Muallimat lulusan angkatan 2018 mempersembahkan sebuah buku untuk Madrasah mereka. Buku tersebut diberi judul Risalah Ulama Syafii (Biografi Ulama Syafiiyah, Dari Arab Hingga Nusantara).

Menurut editor buku, H. Muhyidin, Lc, buku tersebut telah dipersiapkan siswa siswi kelas 6 sejak 6 bulan yang lalu. “Anak-anak menyiapkan penulisan buku ini sekitar 6 bulan, dan proses editing 1 bulan”, katanya.

Buku yang dicetak dalam 158 halaman ini menurut pria yang akrab disapa Pak Oyik ini, berisi tentang tokoh-tokoh atau ulama Madzhab Syafii, baik yang lahir dan hidup di tanah Arab, maupun ulama-ulama Nusantara. “Buku ini berisi biografi ulama pengarang kitab-kitab Madzhab Syafii yang diajarkan di Madrasah Muallimin Muallimat, mulai kitab yang diajarkan di kelas 1 sampai dengan kelas 6”, terangnya.

Dari segi penulisan, buku ini cukup baik. Karena ditulis dengan bahasa yang lugas dan ringan, sehingga cukup enak dibaca dan bisa menjadi konsumsi berbagai kalangan. Tidak saja kalangan pesantren, tetapi juga bisa dinikmati oleh kalangan umum.

Berkaitan dengan tradisi mempersembahkan karya tulis bagi kelas akhir, Pak Oyik menyatakan, “mulai Angkatan 2015, 2016 dan 2017 anak kelas akhir juga sudah mencoba untuk membuat karya tulis, namun gagal diterbitkan karena banyak yang harus diperbaiki. Nah, baru Angkatan 2018 ini karya tulis anak-anak agak layak diterbitkan”.

“Karena buku ini merupakan persembahan, maka buku ini nanti akan dijadikan souvenir dalam acara Muwaddaah (perpisahan) pada tanggal 5 Mei 2018. Disamping itu, buku ini nanti juga akan dijual umum”, lanjutnya.

Sementara itu, editor yang lain, H. Abdullah Rifan, Lc, dalam kata pengantarnya menuliskan, “Kami mengharapkan semoga buku sederhana ini merupakan salah satu sumbangsih karya bagi Khazanah Keilmuan pesantren, Indonesia dan tentunya Untuk Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum. Semoga dengan adanya buku ini akan ada pula di kemudian hari karya-karya dari Siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat sehingga budaya menulis karya ilmiyah akan terwujud dan menghasilkan Siswa siswi yang unggul dalam menelurkan karya-karya ilmiyah yang berkualitas, sehingga mampu menjawab tantangan global di masa yang akan datang”. (ma)

Be Sociable, Share!