Lingkungan

Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang terletak di wilayah Kota Jombang bagian utara provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang yang beralamat di Jalan KH. Abd. Wahab Chasbulloh No. 28 kelurahan Tambakrejo Jombang. Berada dalam lingkungan Pondok Pesantren dengan santri dari berbagai daerah serta latar belakang sosial ekonomi yang beragam telah mampu mewarnai madrasah dengan karakteristik santri yang heterogen.

 

Visi

“Menjadi Madrasah yang Dapat Menghasilkan Lulusan Berprestasi yang Unggul dalam bidang Bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, ilmu Keagamaan, ilmu kemasyarakatan, dan Berbudi pekerti Luhur.”

Misi

  1. Mengintegerasikan kurikulum pendidikan umum ke dalam kurikulum pendidikan agama.
  2. Mempertahankan system pembelajaran klasik yang masih relevan dan Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kreatif, inovatif, produktif, yang berorientasi mutu dan senantiasa menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh civitas akademika madrasah.
  3. Mengembangkan keahlian siswa dalam penguasaan ilmu keagamaan, ilmu kemasyrakatan, dan baca kitab kuning.
  4. Membentuk pribadi siswa yang berbudi pekerti luhur, berilmu amaly, dan beramall ilmy
  5. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.
  6. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Tujuan

  1. Unggul dalam pemahaman dasar-dasar ajaran Islam.
  2. Unggul dalam prestasi ilmu umum dan ilmu agama .
  3. Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan umum terutama bidang bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan bahasa Inggris.
  4. Unggul dalam kemampuan penguasaan membaca kitab kuning
  5. Unggul dalam bidang dakwah Islamiyah di masyarakat

Strategi

  1. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum yang integeratif antara ilmu pendidikan umum dengan ilmu pendidikan agama.
  2. Senantiasa meng-upgrade metode pembelajaran bila memang metode tersebut lebih mampu memberi suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran
  3. Mengelola Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Amanah dan Profesional
  4. Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Kondusif dan Sehat agar setiap siswa mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya
  5. Mendorong siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar, serta memacu siswa untuk terus mengembangkan kreatifitas dan keterampilannya

Jumlah Siswa

Pada tahun pelajaran 2017-2018, jumlah siswa-siswi Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum sebanyak 2.039 orang, dengan rincian 1.044 siswa, dan 995 siswi.