Peserta Baksos Diberangkatkan Ke Dua Lokasi


Muallimin Online,
Peserta kegiatan Bakti Sosial (Baksos) siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum diberangkatkan ke lokasi Baksos pada Ahad [03/06).

Pemberangkatan dibagi menjadi dua sesi. Pagi hari, pemberangkatan yang dilakukan oleh Drs H Abdul Rokhim Maruf, Wakil Kepala Madrasah, dan Bambang Hariadi, M.Pd, Waka Kesiswaan, dilakukan untuk peserta siswi Muallimat menuju desa Wonokerto Wonosalam. Sedangkan pemberangkatan pada siang hari, disertai pembimbing, Juri Hasyim, Lc, H Muhyidin, Lc dan Abdul Adhim, dilakukan untuk siswa Muallimin, menuju desa Marmoyo, Kabuh Jombang.

Dalam sambutan saat pemberangkatan Pak Rohim menyampaikan beberapa hal. terkait tujuan dan misi Baksos kali ini. “Bakti sosial bertujuan untuk melatih siswa dalam berdakwah dan bermasyarakat”, katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, “Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui dan memahami problematika permasalahan keagamaan di masyarakat”.

“Serta yang lebih juga adalah melatih kemandiriaan para santri ketika nanti kembali kemasyarakat”, pungkasnya.

Dalam Baksos kali ini, peserta dibekali bagaimana mengenali diri dan masyarakat, agar bisa melihat posisi di tengah-tengah masyarakat. Serta sejauh mungkin menghindari bias (prasangka) yang mengakibatkan hubungan (relasi) yang tidak baik.

Peserta siswa Muallimin di Masjid Marmoyo

Diaamping itu juga dibekali bagaimana melihat kondisi pranata sosial budaya, ekonomi dan politik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dan bagaimana membuat kegiatan untuk menjawab persoalan-persoalan di kondisi tersebut.

Selanjutnya, di akhir Baksos bisa membuat laporan Baksos yang berisi tentang kondisi masyarakat, kegiatan yang dilalukan, analisis kegiatan dan pelajaran yang bisa dipetik. (ma)

Be Sociable, Share!