Penguji Puas, Orang Tua Ikut Cemas


Muallimin Online,
Ujian Akhir Baca Kitab di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum yang dilaksanakan setiap tahun betul-betul selalu mengaduk-aduk suasana dan perasaan.

Begitu juga Ujian Akhir Baca Kitab yang dilaksanakan pada hari ini, Ahad (15/04), bagi penguji cukup memuaskan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu penguji, K. M. Soleh. “Siswa yang kami uji separuh sangat lancar, dan sangat baik sementara yang lain ada yang belum lancar, dan ada 1 orang yang belum mampu”, katanya.

Begitu juga yang disampaikan H. Abdullah Rifan, Lc. “Kami cukup puas, karena mayoritas siswa sudah lancar dalam membaca kitab. Meskipun ada satu dua yang memang belum bisa. Kalau menurut saya, hal tersebut sudah cukup baik”, katanya.

Sementara itu, orang tua siswa yang turut mendampingi terlihat ikut cemas dan deg-degan. “Saya sudah beberapa kali ini ke kamar mandi. Ikut deg-degan pak”, katanya saat bertemu Muallimin Online.

Bahkan saking gugupnya, salah seorang wali murid, Hj Suswati, dengan penuh emosional ikut berkomentar menanggapi penguji yang mengajukan berbagai pertanyaan sulit. “Duh…Pengujinya nanyanya njlimet. Yang diujikan kitab Fiqih, tapi yang ditanyakan Masyaallah..mulai dari Nahwu, Shorf, Fiqh, Ushul Fiqh, mafhum mukholafah, mafhum muwafaqoh…”, katanya gusar.

Orang tua lainnya, Hj Maftukhah Hanum, Wali murid dari Surabaya, dengan mulut yang selalu komat kamit, terlihat sangat gusar menunggu giliran putrinya menghadap penguji.

Sementara itu, Madrasah menaggapi hal ini terlihat biasa-biasa saja. “Ya biasa, karena orang tua turut merasakan apa yang dirasakan anaknya, apalagi ini menentukan bagi buah hati. Padahal dari kami di Madrasah menyarankan untuk biasa-biasa saja dalam menghadapi ujian ini”, kata salah satu pimpinan Madrasah sambil tersenyum. (ma)

Be Sociable, Share!