Pengalaman Dalam Kompetisi Sain Madrasah Jawa Timur

Muallimin Online,
Kompetisi Sain Madrasah (KSM) adalah ajang lomba ilmu pengetahuan bagi Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Dalam KSM yang dikompetisikan adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Biologi, Fisika, Kimia, Matematika dan Astronomi. Sedangkan Ilmu Pengetahuan sosial terdiri dari Bahasa Arab, IPS, Ekonomi dan Geografi.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, menurut Maksum Khudlori, M.Pd, Humasy Madrasah MUallimin Muallimat, adalah untuk meningkatkan mutu daya saing pendidikan Madrasah yan sesuai dengan tujuan nasional supaya tidak kalah dengan sekolah-sekolah umum yang lain, karena saat ini persaingan antara Madrasah dengan sekolah umum nampak nyata, sehingga perlu inovasi-inovasi yang terus dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas.

KSM yang diadakan pada Selasa (24/05/2017) kemarin sudah masuk pada tingkat Provinsi Jawa Timur. Setelah seluruh peserta mengikuti kompetisi di tingkat kabupaten beberapa bulan yang lalu. Peserta yang mendapat nilai tertinggi di setiap kabupaten berhak mengikuti di tingkat provinsi ini.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Hall Hotel Utami Surabaya ini, siswa dan siswi Muallimin Muallimat mendapat prestasi, meskipun belum juara I. Untuk siswa Muallimin, mendapat Juara Harapan I tingkat MA, dan siswi Muallimat mendapat Juara II untuk tingkat MTs.

“Meskipun belum mendapatkan prestasi tertinggi, tetapi ini merupakan pengalaman yang sangat baik bagi siswa-siswi Muallimin Muallimat dalam mengikuti ajang KSM”, demikian katanya.

Add a Comment