Penerimaan Rapor: Wajah Sumringah Memenuhi Madrasah


Muallimin Online,
Wajah-wajah sumringah memenuhi Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas. Wajah-wajah tersebut memancar dari siswa siswi, yang hari ini, Sabtu (02/06) menerima buku Rapor hasil ujian penilaian belajar.

Sejak pagi-pagi, sebelum jadwal pembagian rapor dimulai, siswi Muallimat yang mendapatkan waktu mulai pukul 08.00-10.00 WIB sudah hadir di Madrasah. Memenuhi halaman madrasah dan ruang aula. Meskipun ada beberapa siswi yang tidak naik kelas, namun secara keseluruhan kegembiraan menerpa hampir semua hati dan pikiran siswi. Senyum tak henti-hentinya dikumandangkan dalam setiap jengkal langkah.

Sementara itu, guru yang menjadi wali kelas sibuk mengulak-alik buku rapor masing-masing siswa kelas yang berada dalam tanggungjawabnya, sebelum membagikan ke siswa. Semua guru wali kelas konsentrasi ke segepok buku rapor yang selalu dalam genggaman. Kalaupun ada canda, tidak seperti biasa, agak kecut. Terutama bagi wali kelas yang siswa binaannya ada yang tidak naik kelas. “Agak berat, jika ada siswa yang tidak naik”, ungkap salah satu guru.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pembagian rapor dilalui dengan upacara seremonial. Semua siswi yang berjumlah sekitar 950-an orang duduk rapi lesehan memenuhi aula. Ada agenda menarik dalam seremonial ini, yang ditunggu-tunggu semua siswa yaitu pengumuman rangking kelas dan bintang Madrasah. Semua peraih nilai tertinggi kelas dan nilai tertinggi Madrasah diumumkan dan diberi reward.

Setelah pembagian rapor untuk siswi Muallimat selesai pada pukul 10.30 WIB, dan semua siawi Muallimat meninggalkan Madrasah, selanjutnya sekitar 1000-a siswa Muallimin mengikuti seremonial seperti siswi Muallimat.

Wajah sumringah siswa dan siswi tidak hanya karena mereka telah menerima rapor, tetapi juga karena setelah menerima rapor, mereka akan menikmati libur panjang. Mulai besok Ahad (03/06) sampai dengan Kamis (05/07).

“Selamat berlibur dan tetap belajar”, pesan KH Imron Rosyadi, Waka Madrasah, saat menyampaikan sambutan. (ma)

Be Sociable, Share!