Pelajaran Kelas Khusus 1A Ditekankan Ke Ilmu Alat


Muallimin Online,
Pelajaran kelas khusus 1A Madrasah
Muallimin Muallimat, dititik tekankan pada pelajaran ilmu alat (Imla’, Tahaji, pego, Nahwu dan Shorof). Demikian disampaikan Wakil Kepala Madrasah, KH Abdul Rokhim Maruf, pada Kamis (19/07).

Dalam kegiatan Rapat Guru Kelas 1A tersebut, Lebih lanjut dia berharap, dari sini, siswa mampu membaca, menulis dalam Bahasa Arab (pego) dan memberikan makna kitab kuning pelajaran-pelajaran pokok lainnya (Fiqh, Hadist, Tafsir, Tajwid dan lainya).

Karena itu, agar tujuan pembelajaran di kelas khusus 1A Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum bisa tercapai, maka semua guru diharap telaten dan sabar dalam mendampingi dan menyampaikan pelajaran.

Untuk pelajaran Nahwu diharapkan siswa minimal menguasai bab Kalimat, I’rob dan Alamat I’rob. Sedangkan untuk pelajaran Shorof, diharapkan minimal menguasai tasrif istilahi tsulatsi mujarrod dan lughowi.

Mata pelajaran kelas 1A akan mengalami perubahan secara periodik setiap 3 (tiga) bulan sekali. Karena itu, guru-guru ada yang mengalami perubahan mata pelajaran yang diampu.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Program Khusu Kelas A, KH Lukman Hakim Mahfudz, juga menyampaikan agar semua siswa Kelas 1A diwajibkan menulis semua mata pelajaran dengan tulisan Arab atau pego, dan dilarang menggunakan tulisan latin. Hal ini, agar semua siswa dalam waktu 1 (satu) tahun terbiasa menulis dengan tulisan Arab atau pego.

“Dalam menyampaikan pelajaran di kelas, terutama untuk mata pelajaran yang berbasis kitab, guru memberikan makna, menjelaskan dan membaca secara bersama-sama. Karena dengan membaca secara bersama-sama, siswa akan terbiasa membaca kitab”, katanya.

Dalam menyampaikan pelajaran, guru mula-mula mengenalkan mata pelajaran yang diampu dan menuliskan mata pelajaran yang diampu dengan benar.

Untuk meningkatkan proses belajar, semua guru setiap 3 bulan sekali mengikuti pertemuan guru kelas 1A, dan setiap berkumpul di ruang guru diharapkan untuk mendiskusikan/sharing proses pembelajaran dengan guru lain.

“Semua guru kelas 1A diwajibkan membuat rencana pembelajaran selama satu semester atau satu tahun, berdasarkan silabi kelas 1A”, kata Pak Rokhim mengakhiri arahannya. (ma)

Be Sociable, Share!