OSIS Mu’allimin Mu’allimat Gelar Diklat Kepemimpinan

Muallimin Online,
Pada Jumat (21/09/2012), OSIS Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul ’Ulum mengadakan Up Grade (Diklat Kepemimpinan) dengan tema “Manunggaling organisasi jalaran soko wicaksonone pemimpin”. Yang berarti suatu organisasi bisa bersatu dalam mewujudkan visi dan misi membutuhkan seorang pemimpin yang bijaksana dan mampu menggerakkan anggotanya untuk mewujudkan visi-misi tersebut.

Pelaksanaan Up Grade tersebeut terbagi menjadi dua season. Season pertama dengan narasumber Muslimin Abdillah, yang menyampaikan tentang segala sesuatu yang ada dalam organisasi dan bagaimana cara menghandelnya. Season ke dua dengan narasumber Moh. Hasbi Rofiqi yang menyampaikan tentang bagaimana seharusnya kepemimpinan itu.
Kedua Narasumber tersebut merupakan Alumni Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul ‘Ulum yang mampu berkiprah dalam keorganisasian yang patut dibanggakan.

Acara Up Grade tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk jiwa-jiwa kepemimpinan yang efektif, kerjasama yang harmonis dan sinergis. Terbukti bahwa hasil dari diklat kepemimpinan tersebut sangat menggugah jiwa-jiwa organisatoris para peserta.

Banyak para anggota OSIS yang mengakui bahwa kuarangnya respek mereka dalam menggeluti bidangnya masing-masing. Dengan adanya motivasi dari Narasumber tergeraklah semangat mereka untuk memperbaiki kekurangan mereka.

Kepeminpinan sangat penting dalam suatu organisasi. Kepemimpinan atau Leadership adalah upaya seseorang (Pemimpin) dalam membawa suatu kelompok yang menjadi tanggungjawab pada suatu tujuan atau visi yang telah ditentukan.
Kepemimpinan juga merupakan suatu fungsi kualitas individu. Bukan fungsi situasi, teknologi atau dukungan masyarakat.

Kepemimpinan yang efektif sama halnya dengan kepemimpinan situasional. Yakni dengan menempatkan gaya kepemimpinan dengan sesuai kondisi yang dipimpin. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara “Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani”

Add a Comment