Opening Ceremony Al-Haflatul Kubro 2018 Berlangsung Meriah


Muallimin Online,
Opening ceremony (pembukaan) al Haflatul Kubro Hari Ulang Tahun Madrasah Dan Pondok Pesantren (Humapon) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, merupakan event yang selalu diselenggarakan setiap tahun. Event ini merupakan gelaran yang paling ditunggu-tunggu oleh para santri. Karena event ini menjadi ajang adu kreatifitas para santri di Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Pada tahun ini, panitia Humapon 2018, pada Sabtu (10/02/2018) menyelenggarakan Opening Ceremony Al-Haflatul Kubro dalam rangka ulang tahun pondok pesantren yang ke-193 dan madrasah yang ke-103 dengan khidmat dan meriah.

Dalam Opening Ceremony yang mengangkat tema “Peradaban Islam Dunia” ada beberapa cabang lomba yang di ikuti: Kirab yang pesertanya dari perwakilan ribath pondok pesantren mempersembahkan berbagai cerita dari berbagai negeri di belahan dunia, mulai Eropa, Timur Tengah, dan Asia bahkan benua Amerika; Lomba madrasahku dari seluruh unit pendidikan formal dibawah naungan Yayasan PPBU dan; Lomba balon hias yang diikuti oleh Organisasi Daerah (Orda) yang eksis di Pondok Pesantren Bahrul Ulum.

Dalam kesempatan tersebut, Ketum Yayasan PPBU, Agus H. Wafiyul Ahdi, mengajak para santri untuk meneladani para masyayikh dan muassis Bahrul Ulum.

“Marilah kita mengisi kegiatan-kegiatan positif di pesantren sebagai langkah Izzul Islam wal Muslimin, sekalian juga mengisi peradaban islam indonesia sebagai bagian peradaban islam dunia”, katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, “Saya ingin menyampaikan kepada panitia Humapon yang begitu semangat menyelenggarakan kegiatan ini, agar tetap menjaga semangat ini sampai ujung kegiatan nanti, yakni Alhaflatul Kubro”.

Sebelum mengakhiri sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Wafi ini, mengajak seluruh santri untuk meneriakkan yel-yel, “Ketika saya mengatakan Bahrul Ulum, kalian jawab jaya. Kemudian ketika saya mengatakan Humapon, kalian jawab Keren begitu ya..”. Serentak lapangan Untung Suropati bergemuruh dengan yel-yel Bahrul Ulum, jaya! Humapon, keren!.

Dalam sambutan yang lain, KHM Hasib Wahab, Ketua Majelis Pengasuh PPBU, menyampaikan pentingnya pemahaman mengenai esensi santri Bahrul Ulum, yakni mengenai trilogi Bahrul Ulum “Jadi santri Bahrul Ulum harus Berilmu, beramal, bertaqwa”, katanya.

Event Opening Ceremony yang diselenggarakan di Lapangan Untung Suropati tersebut dihadiri oleh seluruh Majlis Pengasuh, Pengurus Yayasan serta para dewan guru dan karyawan unit formal dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum juga seluruh santri dan siswa. (inh/ma)

Add a Comment