Ngaji Kitab mBah Hasyim Asyari

Muallimin Online,
Pagi itu, Senin (23/07), suara orang membaca kitab kuning dari pengeras suara dari beberap kelas di Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas terdengar bersahutan. Pagi itu, adalah pagi ke tiga Madrasah Muallimin Muallimat mengadakan kegiatan Ramadhan yang berupa pengajian kitab-kitab yang dikarang oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, pendiri NU.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Sabtu (21/07), dan rencananya akan diakhiri pada Senin (06/08) tersebut harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi Madarash Muallimin Muallimat, mulai dari kelas I sampai kelas VI. Untuk siswi dimulai pukul 07.30-09.00 wib dan untuk siswa dimulai pukul 09.30-11.00 wib.

Menurut Kepala Madrasah, KH Abd. Nashir fattah, siswa atau siswi yang tidak mengikuti pada hari yang ditentukan harus nembel (memberikan makna dengan mencontoh teman yang mengikuti pengajian, red).

“ijin bagi yang tidak mengikuti akan diberikan, tetapi harus nembel di lain hari. Yang jelas saat diperiksa harus sudah penuh dalam memberi maknanya”, tutur Kiyai Nashir.

Sedangkan menurut HUmas Madrasah Muallimin Muallimat, H. Maksum Chudlori, S.Ag, pemilihan kitab-kitab mBah Hasyim sebagai materi pengajian adalah untuk memperkuat akidah Ahlissunnah Wal Jamaah Anhdliyah kepada para siswa.

“Kita pilih kitab-kitab karya Hadratus Syaikh sebgai materi dalam ngaji Ramdahan kali ini adalah untuk memperkuat akidah Aswaja Annahdliyah siswa-siswi, dari sumbernya langsung”, Ungkap pria yang akrab disapa Gus Maksum ini.

Dalam kegiatan tersebut, kitab-kitab yang dibaca antara lain, untuk kelas I, II dan, III kitab Audhahul Bayan Li Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari. Untuk kelas IV, V dan, VI kitab At Tibyan dan At Tanbihat al Wajibat Li Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari. (mus)

Add a Comment