Ngaji Kilatan Ramadhan Di Bahrul Ulum

Muallimin Online,
Salah satu upaya untuk memanfaatkan bulan Ramadhan, Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang menggelar pondok kilat untuk kalangan santri dan pelajar. Hal itu digelar panitia kegiatan secara rutin setiap tahun.

Disinyalir kegiatan tersebut sudah ada sejak masa KH. Abdul Wahab Hasbullah, pendiri pesatren terkait masih hidup hingga sekarang. Dari tahun ke tahun setiap pendaftar atau peserta kegiatan semakin meningkat dan antusias.

“Banyak para pelajar baik dari kalangan sekitar ataupun luar daerah berebut mengikuti pondok kila di pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini,” kata Faqih salah seorang abdi ndalem Pondok Pesantren Bahrul Ulum kepada NU Jombang Online. Sabtu (25/6).

Sementara itu keantusiasan para peserta disebabkan beberapa faktor, di antaranya pola penyampaian materi keagamaannya disajikan dengan cepat dan praktis yang bersumber dari kitab salaf, juga faktor upaya memperoleh barokah melalui tenaga pendidiknya.

“Selain sebagai wadah menuntut ilmu agama kilatan, ini juga sebagai bentuk mencari berkah kalo bahasanya anak pondok itu ngalap berkah. Karena yang ngajar nanti langsung pak yai bu nyai nya mbak,” paparnya.

Ia berharap adanya pondok kilatan ini membeikan pengalaman tersendiri bagi setiap peserta saat belajar ilmu di pesantren. “Dengan waktu setengah bulan mereka bisa mengkhatamkan beberapa kitab, karena kitab yang dikaji biasanya tidak begitu tebal dan ditarget khatam,” jelasnya.

Namun demikian pondok kilatan ini berlangsung mulai hari pertama Ramadhan hingga hari ke tujuh belas bulan Ramadhan. Kemudian dilanjutkan dengan pondok kilat khusus kalangan Gus dan Neng (panggilan putra dan putri Kiai). (Yuli/Syamsul Arifin/jombang.nu.or.id)

Be Sociable, Share!

Add a Comment