Mengenalkan Madrasah Kepada Siswa Baru Lewat MOPDB

Muallimin Online,
Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) yang sudah menjadi agenda rutin Madrasah Muallimin Muallimat tiap tahun ajaran baru, kali ini berbeda. Jika tahun-tahun sebelumnya MOPDB MMA dilaksanakan dalam satu majelis, tahun ini dibagi manjadi 2 (dua) majelis.

Majelis pertama diikuti oleh siswi baru kelas 2, 3 dan 4, sedangkan majelis kedua diikuti oleh siswi baru kelas 1A dan 1B. Hal ini diberlakukan untuk membedakan siswi yang lulus dari SD/MI dan siswi yang lulus dari SMP/MTs. Namun tujuan dari kegiatan ini tetaplah sama yakni mengenalkan Madrasah Muallimin Muallimat kepada seluruh siswi baru tanpa terkecuali. Pada tahun ini, Madrasah Muallimin Muallimat menerima 496 siswa baru.

mopdb-1MOPDB yang dilaksanakan pada Senin-Selasa (10-11/08/2015) dimulai dengan materi tentang kesiswaan yang disampaikan oleh Ibu Hj. Badi’ah. Seluruh siswi mengikuti dan menyimak penjelasan dari beliau dengan seksama. Tidak hanya itu, pada materi-materi lain yang diberikan, seluruh siswi juga mengikutinya dengan antusias. Diantaranya materi kurikulum MMA yang disampaikan oleh Bpk. Achmad Musyaffak & Bpk. Abdul Ro’uf, keMMA-an oleh Bpk. Ishom Achmadi & Bpk. Imron Rosyadi Malik, dan Akhlaq oleh Bpk. Lukman Hakim & Bpk. Asyharun Nur.

Kegiatan ini juga disemarakkan oleh kakak-kakak OSIS yang senantiasa mendampingi. OSIS juga membuat beberapa intermezzo di sela-sela materi, sehingga peserta tetap merasa nyaman dan tidak bosan ketika materi diberikan. MARS MMA juga tak ketinggalan diajarkan oleh kakak-kakak OSIS kepada peserta MOPDB, untuk menambah kecintaan seluruh siswi terhadap MMA.

MOPDB kali ini diakhiri dengan ziarah makam masyayikh-masyayikh Bahrul Ulum yang dipimpin oleh Bpk. Juri Hasyim. Tidak hanya sekedar ziarah dan membaca do’a tahlil, Bpk Juri juga memberikan penjelasan di setiap makam tentang silsilah masyayikh-masyayikh yang diziarahi. Dengan adanya kegiatan MOPDB, sangat membantu siswi baru untuk mengenal dan memahami seluk beluk MMA. Sehingga mereka bisa nyaman belajar di madrasah ini.
Ahlan Wa Sahlan bi Khudzuurikum

Team panitia MOPDB

Add a Comment