Masa-masa Ujian Akhir Bagi Siswa Kelas Akhir

Muallimin Online,
Setelah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Nahdlatul Ulama (UAMNU) Maarif, kemudian Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), saat ini siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat, terutama yang duduk di kelas III dan VI tengah menghadapi Ujian Nasional (UN) dan ujian akhir Madrasah Muallimin Muallimat.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Madrasah Muallimin Muallimat, KH Imron Rosyadi. Karena itu, dia menghimbau kepada siswa dan siswi untuk terus konsentrasi menghadapi beberapa ujian akhir ini. “Kami juga menghimbau kepada orang tua siswa untuk selalu mendoakan putra-putrinya dalam menghadapi ujian-ujian ini”, katanya.

Lebih lanjut, Kiyai Imron menyampaikan bahwa, ujian-ujian yang dihadapi oleh siswa-siswi tidak hanya ujian tulis. “Siswa-siswi Muallimin Muallimat juga akan menghadapi ujian baca kitab kuning dan praktek mengajar”, sambungnya.

Ujian baca kitab, sebagaimana yang berjalan selama 2 tahun belakangan ini, Madrasah akan mengundang orang tua siswa untuk menyaksikan sendiri anaknya yang diuji di depan tim penguji independen yang terdiri dari kiyai-kiyai, dosen dan pengajar pondok dari luar Madrasah.

Sedangkan untuk ujian praktek mengajar, siswa-siswi Muallimin Muallimat yang dibekali ilmu pendidikan, ilmu jiwa dan didaktik selama menempuh belajar akan mempraktekkan ilmunya secara langsung di Madrasah Ibtidaiyah yang ditunjuk.

Sebagai yang ditulis dalam kalender kegiatan Madrasah, siswa-siswi Muallimin Muallimat akan menjalankan beberapa kegiatan, antara lain: istighosah bersama seluruh kelas akhir di Bahrul Ulum pada 11 April 2015, UN MA pada 13-15 April 2015, ujian akhir baca kitab pada 19 April 2015, dan ujian praktek mengajar pada 26-30 April 2015. (ma)

Add a Comment