Madrasah Selenggarakan Bimbingan Kitab Kuning Untuk Kelas Akhir


Muallimin Online,
Untuk meningkatkan kemampuan (capacity improvement) para siswa secara khusus, terutama yang duduk di kelas akhir (kelas 6), serta membekali siswa dalam menghadapi ujian akhir baca kitab kuning, yang disaksikan secara langsung oleh orang tua/wali siswa, maka Madrasah Muallimin Muallimat kembali menyelenggarakan bimbingan baca kitab.

Menurut penanggungjawab kegiatan Bimbingan, M. Musyafa’, M.Pd, kegiatan yang diselenggarakan di gedung Madrasah Induk tersebut dibagi menjadi 4 kelompok untuk putra dan 4 kelompok untuk putri.

“Empat kelompok untuk putri diselenggarakan di pagi hari, mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, dan empat kelompok untuk putra diselenggarakan pada siang hari mulai pukul 13.00 sampai 15.30 WIB”, jelasnya.

Kegiatan ini, menurut Pak Musyafa’, diselenggarakan secara berturut-turut setiap hari Jum’at, selama 8 (delapan) kali pertemuan, dan diselenggarakan mulai tanggal 19 Januari sampai dengan 9 Maret 2018.

Dia juga menyampaikan bahwa, bimbingan diberikan kepada siswa terutama berkaitan dengan Nahwu Shorof, pengertian (murod) kalimat yang dibaca serta kelancaran dalam membaca.

Lebih lanjut, berkaitan dengan proses bimbingan dia mengatakan, “Hasil bimbingan masih perlu ditingkatkan, sehingga dari tahun ke tahun akan bisa tambah baik. Namun dari proses yang sedang berjalan menunjukkan gejala yang cukup baik”.

Adapun guru yang ditunjuk melakukan bimbingan untuk putri antara lain: Drs. KH Ahmad Hasan, Drs. KH Anshori Sechah, M.Ag, KH Lukman Hakim Mahfudz dan, Drs. K. Marsikhan Manshur, SH.

Sedangkan guru pebimbing untuk putra adalah KH Abdur Rozaq Husni, K. Moh Juri Hasyim, Lc, K. Zamharir Fasya, dan K. Muhammad Sholeh Almubarok. (ma)

Add a Comment