Madrasah Kembali Adakan Bimbingan Belajar Baca Kitab Kuning

Muallimin Online,
Dalam upaya untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi ujian akhir baca kitab bagi Siswa-siswi Muallimin Muallimat, maka Madrasah setiap hari Jumat menjalankan kegiatan Bimbingan Belajar Baca Kitab Kuning bagi Siwa-Siwi kelas akhir (kelas VI). Kegiatan ini dilakukan mulai hari ini, Jumat (13/01/2017) sampai delapan kali pertemuan.

Demikian disampaikan Kepala Madrasah Muallimin Muallimat Enam Tahun Bahrul Ulum Tambakberas, KH Abd Nashir Fattah.

“Kegiatan ini kami lakukan sudah berjalan 2 kali, dan saat ini adalah yang ke-3 kalinya”, kata Kiyai Nashir. Kegiatan ini untuk menyiapkan siswa siswi dalam menghadapi ujian akhir baca kitab yang akan disaksikan langsung oleh orang tua atau wali murid.

“Sejak 3 tahun yang lalu Madrasah mengundang wali murid untuk menyaksikan anaknya dalam ujian baca kitab. Agar siswa-siswi memiliki kesiapan, maka Madrasah berupaya membantu meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam membaca kitab kuning”, terangnya.

Standar kompetensi yang menjadi pedoman dalam bimbingan tersebut antara lain, Pendalaman menerjemahkan dan maksud teks kitab kuning, dengan kompetensi dasar: 1. Mampu menterjemah langsung teks yang telah dibaca, dan 2. Mampu menjelaskan isi, maksud dan simpulan teks yang dibaca. Adapun metode yang digunakan adalah klasikal, sorogan dan model pembelajaran kontekstual.

Kitab yang menjadi acuan dalam bimbingan ini adalah Tuhfatut Thullab Syarh Tanqihil Lubab, dengan maqro’ mulai dari Kitabut Thoharoh sampai dengan Kitabut Tholaq.

Sedangkan guru pembimbing yang diberi tugas secara resmi oleh Madrasah antara lain: KH Ach Hasan, KH Anshori Sichah, KH Abd Rozaq Chusni, KH Lukman Hakim, K. Marsikhan Manshur, K. Moh Juri Hasyim, K. Sholihudin dan K. M. Sholeh. (ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment