Lihai Dalam Ujian Praktek Mengajar

Muallimin Online,
Layaknya seorang guru yang sedang mengajar siswa di muka kelas, siswa-siswi kelas VI Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, dengan lihai menyampaikan mata pelajaran yang disampaikan.

Pemandangan tersebut terlihat saat siswa-siswi kelas VI mengikuti ujian praktek mengajar sebagai syarat kelulusan. Menurut Maksum Khudlori, S.Ag, Humasy Madrasah Muallimin Muallimat, kegiatan praktek mengajar ini, disamping sebagai syarat kelulusan juga untuk meningkatkan kualitas lulusan.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan Madrasah Muallimin-Mu’allimat maka para siswa dan siswi kelas akhir (kelas VI, red) diharuskan untuk mengikuti uji kompetensi mengajar sebagai modal ketika mereka semua sudah kembali kemasyarakat”, kata pria yang biasa disapa Gus Maksum ini.

Kegiatan yang dilakukan pada Senin-Kamis (21-24/04/2014) ini bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum tambakberas jombang. Hal ini sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Siswa-siswi kelas VI praktek mengajar adik-adik mereka yang masih duduk di bangku MI.

MMAPraktek mengajar yang pada tahun ini diikuti oleh 92 siswa dan 97 siswi ini diikuti secara antusias, dan terlihat siswa-siswi menggunakan pakaian layaknya seorang guru. Hal ini yang terkadang membikin ketawa, terutama bagi teman-teman mereka sendiri.

Antusiasme dan kemampuan peserta ujian terlihat saat mereka menyampaikan materi pelajaran, tidak kalah dengan mahasiswa lulusan Sarjan S1. Hal ini karena siswa-siswi Muallimin Muallimat juga diajarkan tentang Ilmu Pendidikan. (ma)

Add a Comment