LBM OSIS Akan Bahas Hukum ‘Ngiler’ Di Masjid


Muallimin Online,
Setelah sukses membahas sekitar 5 (lima) persoalan dalam Bahtsul Masail 3 bulan yang lalu, Lembaga Bahtsul Masail (LBM) OSIS Madrasah Mullimin Muallimat akan kembali menggelar bahtsul masail, yang salah satu masalahnya terkait tidur ‘ngiler’ di masjid.

Bahtsul masail yang akan diselenggarakan pada Rabu (28/03) tersebut mendiskusikan 2 (dua) masalah. Masalah pertama adalah ‘Problematika masjid yang digunakan tempat tidur’. Dalam deskripsinya masalah ini terkait tidur ‘ngiler’ di dalam masjid. Sementara itu, takmir masjid yang setiap hari mengepel lantai masjid akan membersihkan air liur tersebut.

Adapun pertanyaan yang ditulis antara lain, apa kriteria air liur yang dianggap najis? Dan jika dianggap najis, apakah saat dipel najis akan merata?

Sedangkan pertanyaan kedua berjudul ‘Dilema Salam’, dengan deskripsi ada seorang santri masuk kamar dengan salam, tetapi orang-orang di dalam kamar tidak menjawab, dan pada kesempatan selanjutnya dia tidak salam, tetapi ditegur. Saat dia tanya kenapa dulu saat salam tidak dijawab, mereka mengatakan sudah dijawab di dalam hati.

Dari deskripsi ini, muncul 2 pertanyaan. Yang pertama, bagaimana hukum salam yang tidak dijawab, dan kedua, menjawab salam dalam hati.

Bahtsul masail akan dilakukan dalam dua tahap. Sebelum Bahtsul masail akan dilakukan pra-bahtsul masail pada Kamis (22/02). (ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment