Laporan Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Muallimin Online,
Pada Sabtu (18/02/2017), serangkaian perlombaan tingkat madrasah aliyah swasta se Jombang diselenggarakan di UNHASY (Universitas Hasyim Asy’ari). Rangkaian lomba tersebut berbentuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Tujuan diadakan acara ini adalah untuk menjawab tantangan eksistensi madrasah di era yang makin kompetitif dalam mewujudkan sarana berbagi ilmu, menambah wawasan seputar mata pelajaran akademik bagi pembelajar dan pengajar Madrasah swasta di Jombang.

Selain itu juga untuk menyaring potensi-potensi dalam fan (mata pelajaran) masing-masing untuk dipertimbangkan lagi apakah akan dilombakan dengan Madrasah Aliyah Negeri waktu mendatang.
KSM sendiri merupakan sebuah perlombaan yang selalu ditunggu kehadirannya di kalangan Madrasah Aliyah. Tahun ini saja ada 400 lebih delegasi peserta, yang terlihat mengikuti lomba dengan antusias. Mereka dari berbagai madrasah se-Jombang. Tak mau kalah dengan lainnya, Madrasah Mu’allimin Mu’allimat pun mengirimkan delegasinya untuk ikut dalam KSM ini. Sebanyak 6 Peserta putra dan 6 peserta putri dengan modal sederhana ikut terjun dalam persaingan yang ketat ini.

Acara dimulai dari pembukaan pada pukul 07.15 Wib yang di laksanakan oleh K.H Taufik Djalil dan Tim KSM di lapangan Unhasy. Seusai pembukaan peserta masuk ke ruang lomba dimana akan diadakan babak penyisihan. Setelah penyisihan selesai pengumuman akan dilaksanakan setelah dhuhur peserta dipersilahkan untuk istirahat. Dalm sesi penyisihan hanya akan diambil 10 nilai tertinggi pada tiap mata pelajaran untuk masuk ke babak final.

Uniknya waktu babak final yang dilangsungkan pada pukul 13.35 panitia membuat pengumuman bahwa ada beberapa peserta yang nilainya salah masuk scanner jawaban. Maka masuklah nama-nama baru dalam ruangan lomba babak final tersebut. Salah satunya adalah Hamzah Assad Abdul Jabbar, murid Muallimin kelas 6b ini. Dia-pun masuk ruangan lomba setelah “protes” nilainya yang ternyata salah masuk scanner bidang PAI – diterima panitia, ikut bergabung dengan 4 finalis dari Mualimin lainnya.

Suasana komeptisi ini kian memanas seiring berjalannya waktu, ditambah pula dengan panasnya suhu Jombang. Mungkin itulah yang dirasakan Hamzah, saat ia – meskipun telat masuk ruangan- justru keluar paling pertama, alhasil spontan konsentrasi peserta pecah beberapa saat.

Syukur Alhamdulillah, pada akhir kompetisi ini 4 dari 5 finalis siswa-siswi Mualimin Muallimat dapat membawa pulang gelar juara KSM 2017, diantaranya adalah M. Luthvan Habiburahman juara 1 PAI , Hamzah Assad Abdul Jabbar juara 2 Bahasa Inggris, Fauziyah juara 3 Bahasa Arab, dan Sabrina Muyassirotul Aliya juara harapan 1 Bahasa Inggris. Saat perjalanan pulang Pak Bambang Hariadi, pembina Osis mma berkata pada kami “ Ndak, persiapan saja menang, apalagi persiapan?”. Sontak dalam hati kami berfikir bahwa, seharusnya kami lebih bersiap siap lagi, karena kalau hal yang kami remehkan (tanpa dipersiapkan) saja membuat bangga apalgi bila dipersiapkan. Dus kami bertekad akan membuat tahun depan lebih baik lagi.

Add a Comment