Kupas Tuntas Tentang Imam Syafi’i

    Resensi Buku
    Judul buku: Al Imam al Syafii Fi Madzhabihi al Qodim wa al Jadid
    Penulis: DR. Ahmad Nahrawi Abdus Salam
    Jenis Buku: Beografi
    Tebal Buku: 725 Halaman
    Peresensi: H. Abrullah Rif’an, Lc

    Buku ini merupakan karya anak bangsa, yaitu DR nahrawi. Beliau merupakan alumni AL-AZHAR era thn 60 an yang cukup produktif, beliau aktif dalam menulis dan menterjemahkan buku populer pada zamannya.

    Buku ini merupakan Hasil desertasi beliau dalam program Doktoralnya di Fakultas Syariah wal Qonun Universitas Al-Azhar dan buku ini mengantarkan beliau mendapatkan predikat Mumtaz ma’as syarof ula (read: summa cumlaude).

    Buku ini berisikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Imam Syafi’i, mulai dari kehidupannya, kondisi sosial dan politik yang di hadapinya dan juga mengenai madzhab-nya.

    Secara garis besar isi buku ini terbagi menjadi 3 bab: 1. Tentang kehidupan imam syafi’i semasa kecil hingga dewasa, 2. Tentang kondisi sosial dan politik pada masanya, 3. Tentang madzhab-nya, meliputi landasan berfikirnya dan proses lahirnya madzhab qadim dan jadid.

    Buku ini cukup komprehensif untuk dijadikan rujukan, karna buku ini cukup komplit pembahasannya, dan yang menarik dari buku ini, didalamnya terdapat silsilah mata rantai sanad Madzhab Syafi’i dari berbagai jalur mulai sanad pada madzhab qadim maupun madzhab jadid yang jarang sekali ditemukan dalam buku-buku terdahulu.

    Keunikan selanjutnya, buku ini juga memaparkan contoh-contoh yang mendasar tentang perbedaan madzhab qadim dan jadid dengan gambaran contoh yang mudah di fahami.

    Dalam buku ini kita dapat menemukan pula tentang peran-peran murid Imam Syafi’i dalam mengembangkan madzhabnya sehingga menjadi madzhab yang kita kenal sekarang, selain itu dalam buku ini juga mengulas perjalanan karya-karya Imam Syafii hingga menghasilkan ratusan judul Kitab yang di hasilkan oleh murid-murid beliau.

Add a Comment