Kiyai Lukman: Kunci Sukses, Menunggu Guru


Muallimin Online,
Salah satu kunci sukses seorang murid adalah menunggu guru yang akan mengajar. Demikian disampaikan KH Lukman Hakim Mahfudz, Ketua Peogram Khusus Madrasah Muallimin Muallimat Enam Tahun Bahrul Ulum pada Sabtu (04/11).

Lebih lanjut Kiyai Lukman menjelaskan dengan mengambil contoh, “Sunan Kalijogo, saat belajar ke Sunan Bonang, pertama kali yang diajarkan adalah Sunan Kalijogo diminta untuk menunggu tongkat sampai Sunan Bonang datang lagi. Pelajaran pertama Sunan Bonang ini betul-betul ditaati oleh Sunan Kalijogo”.

“Pelajaran yang bisa kita ambil dari Sunan Kalijogo ini adalah kalau guru belum datang di kelas, kalian harus menunggu di kelas, tidak keluar kelas atau jajan ke kantin”, lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Kiyai Lukman juga menyampaikan kepada semua siswa agar bisa mengatur waktu, jangan sampai terlambat. “Kalau terlambat sampai satu jam, saya minta yang terlambat bantu pak tukang yang sedang kerja bangun madrasah itu”, katanya, sambil menunjuk pekerja bangunan yang sedang membangun gedung di sisi utara madrasah. (Ma)

Add a Comment