Kesibukan Menjelang Pembagian Rapor PAS


Muallimin Online,
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang pembagian rapor setelah ujian Penilaian Akhir Semester (PAS), kesibukan terlihat di ruang guru dan kantor Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambakberas.

Kesibukan teraebut terutama terjadi mulai Senin-Rabu (11-13/12/2017) yang dialami oleh guru dan wali kelas yang melakukan koreksi soal-soal ujian PAS dan penulisan rapor tiap siswa.

Mereka harus menyelesaikan tugas-tugas tersebut, karena pada Kamis (14/12) rapor harus diberikan kepada siswa.

Proses mengoreksi soal ujian membutuhkan waktu yabg cukup lama, terutama untuk soal-soal pelajaran yabg berbasis kitab kuning.

Menurut Ali Mahmud, M.Ag, salah satu guru mata pelajaran Hadist, yang berbasis kitab kuning, “mengoreksi soal ujian yang berbasis kitab lebih lama karena semua soal berupa essay atau pertanyaan subyektif, bukan pilihan atau obyektif”.

“Saya butuh waktu 2 setengah hari untuk mneyelesaikan koreksi semua soal”, tambahnya.

Sementara itu, menurut H. Abdullah Rif’an, Lc, guru mata pelajaran yang semuanya berbasis kitab kuning bahwa, melakukan koreksi soal bisa dilakukan dengan cepat asal kita bisa fokus dan meluangkan waktu.

“Saya sendiri bisa menyelesaikan koreksi soal tidak sampai sehari”, katanya.

Semua kesibukan ini tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan kepada siswa, agar siswa bisa terpenuhi kebutuhannya. Disamping itu, juga untuk meningkatkan kualitas madrasah dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. (N9)

Be Sociable, Share!

Add a Comment