Kesibukan Jelang PAS: Setoran Dan Taftis


Muallimin Online,
Kegiatan yang harus diikuti oleh siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS) yang akan dimulai pada Kamis (29/11) depan adalah setoran hafalan dan taftis.

Setoran hafalan dalam semester genap ini adalah untuk kelas Program Khusus A, mulai kelas 1A sampai kelas 3A. Hafalan yang disetorkan adalah hafalan kitab al amtsilah at tashrifiyah.

Menurut KH Lukman Hakim, Ketua Program Khusus A, swtoran hafalan ini dibebankan kepada siswa siswi agar memiliki tanggungjawab menghafalkan.

“Kelemahan kelas 4 saat membaca kitab adalah saat diminta untuk mentashrif kalimat. Karena itu sejak kelas 1A, suswa dan siswi diwajibkan menyetorkan hafalan shorof”, katanya.

Lebih lanjut, Kiyai Lukman menyampaikan, “untuk waktu yang akan datang, semua siswa kelas 1-3, baik yabg reguler (B), maupun kelas A diwajibkan menyetorkan hafalan amtsilah tashrifiyah setiap semester”.

Disamping terlihat kesibukan setoran hafalan kepada guru yabg ditunjuk oleh madrasah. Dua mibggu belakangan setiap siswa juga sibuk mentaftis (cek) kitab yang dimaknai atau buku yang dibuat menulis pelajaran.

Menurut Bambang Hariadi, M.Ag, Waka Kesiswaan Madrasah, kegiatan taftis untuk menjaga kedisiplinan siswa dalam menulis pelajaran dan memaknai.kitab kuning yang menjadi pegangan.

Salah satu guru Mapel Tafsir, K. Azam Choiruman, mengatakan bahwa, siswa yang saat ditaftis kitab atau bukunya tidak lengkap, maka nilai ujian tulis akan dikurangi satu. “Pengurangan nilai ini sudah saya sampaikan ke siswa terlebih dahulu”, katanya.

Seperti yang telah diumumkan oleh Panitia PAS bahwa, Ujian Lisan (baca kitab) semestwr ganjil akan dilakukan pada 29-30 November 2017.
Sedangkan, ujian tulis akan dilakukan pada 2-12 Desember 2017. (mma).

Add a Comment