Kepala Madrasah: Nilai Ujian Yang Diberikan Ke Siswa Akan Kita Pertanggungjawabkan


Muallimin Online,
Nilai yang diberikan guru atau wali kelas kepada siswa akan dipertanggung jawabkan, tidak saja kepada siswa dan orang tua, tetapi juga dihadapan Allah SWT.

Demikian disampaikan Kepala Madrasah, KH Abdul Nashir Fattah, saat membuka Rapat Kenaikan Kelas siswa siswi Muallimin Muallimat, yang diselenggarakan pada Kamis (31/05).

Lebih lanjut, Kiyai Nashir, yang biasa memberikan pesan terhadap berbagai hal secara substansial, menyatakan bahwa, bisa saja kita memberi nilai yang melebihi atau mengurangi apa yang telah diperoleh siswa. Tetapi semua itu akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT kelak.

“Pemberian nilai, itu tergantung kita. Mau kita beri berapa terserah kita. Tetapi nilai yg kita berikan akan juga kita pertanggung jawabkan kpd Allah”, pesannya.

Kiyai Nashir juga menyampaikan terkait pemberian nilai yang memiliki konsekuensi. “Jika kita memberi nilai, maka ada konsekuensi kepada guru. Kalau memberi nilai sedikit, kenapa kok sedikit. Apa masalahnya dengan guru, dan apa masalahnya dengan siswa”, katanya.

Karena itu, Kiyai Nashir dalam kesempatan tersebut juga menanyakan tentang penilaian kepada guru. “Selama ini, jika ada masalah, selalu anak yang kita masalahkan. Kita jarang mempersoalkan diri kita sendiri terlebih dahulu”, pungkasnya.

Terkait dengan pesan Kiyai Nashir tersebut, Wakil Kepala Madrasah, Drs H Abdul Rokhim Maruf, memberikan penjelasan bahwa, apa yang disampaikan Kepala Madrasah merupakan motivasi bagi semua pimpinan, guru dan pegawai. “Pesan-pesan Kepala Madrasah bisa menjadi motivasi bagi kita semua”, terang Pak Rokhim. (ma)

Be Sociable, Share!