Kenapa Pembangunan Gedung Diawali Khotmil Quran?

Jpeg
KH Abd Nashir Fattah saat memberi sambutan
Muallimin Online,
Beberapa orang bertanya-tanya tentang rahasia kenapa peletakan batu pertama pembangunan Gedung II Madrasah Muallimin di Dusun Gedang Tambakberas Timur didahului dengan acara khotmil Qur’an (Hataman al Qur’an). Pertanyaan tersebut semakin penuh rahasia saat hataman yang dilakukan sebanyak 313 hataman.

Rahasia ini terjawab saat Kepala Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas, KH Abd Nashir Fattah, menjelaskan dalam sambutan pembukaan khotmil Quran. Menurut Kiyai Nashir, hataman al Quran dilakukan, karena dulu saat pendiri (KH Abd Fattah Hasyim, red) mulai menggagas dan mendirikan Madrasah Muallimin Muallimat selalu menghatamkan al Quran.

Lebih lanjut, Kiyai Nashir menyampaikan di hadapan siswa Muallimin, guru dan pegawai, “Kita melakukan hataman al Quran saat peletakan batu pertama ini, karena dulu pendiri Mualimin Muallimat saat mendirikan madrasah ini selalu menghatamkan al Quran”.

“Bahkan menurut satu cerita yang bisa dipercaya, pendiri Madrasah ini menghatamkan al Quran setiap 2 hari sekali. Hataman al Quran yan beliau lakukan adalah untuk kalian semua. Hanya agar setiap orang mencari ilmu, para murid memiliki ilmu yang manfaat”, tambahnya, disambut keharuan para siswa.

Karena saat ini kita tidak bisa meniru seperti yang dilakukan oleh pendiri Muallimin, maka kita lakukan secara bersama-sama. “Saya sudah memulai saat umrah kemarin, melakukan hataman di Raudlah dan hatam saat thowaf”, katanya.

Dalam pesannya, Kiyai Nashir menyampaikan bahwa, para siswa saat belajar di Muallimin harus dengan hati yang mantap. Karena meskipun yang kita terima di Muallimin ini sedikit Insya Allah akan bermanfaat. “Dan semoga hataman yang kita lakukan ini tidak hanya memberkati kita semua, tetapi juga masyarakat yang ada disekitar Madrasah ini”, jelasnya. (ma)

Add a Comment