Kembali, Ujian Akhir Baca Kitab Disaksikan Orang Tua

Muallimin Online,
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sejak 4 tahun yang lalu, Ujian Akhir Baca Kitab siswa kelas akhir Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas disaksikan langsung oleh orang tua masing-masing.

Ujian yang dilaksankan pada Ahad (16/04/2017), di ruang-ruang kelas kemarin berlangsung sangat khidmat. Tampak penataan meja diatur sedemikian rupa, dimana penguji menghadap ke orang tua yang menunggu giliran anakknya diuji, disamping kiri meja siswa-siswi yang diuji dan, di depan meja siswa-siswi peserta ujian agak jauh diduduki orang tua siswa-siswi bersangkutan.

Menurut Humasy Madarsah Muallimin Muallimat, Maksum Chudlori, S.Ag, peserta ujian pada tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. “Peserta ujian baca kitab kali ini berjumlah 169 orang, yang terdiri dari 68 orang siswa dan 101 orang siswi”, katanya.

Lebih lanjut, Maksum mengatakan, “penguji dalam ujian ini adalah kiyai-kiyai yang ahli dalam kitab kuning, baik dari dalam, maupun dari luar lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum”.

Ujian baca kitab kuning, menurut Maksum, merupakan salah satu syarat kelulusan di Madrasah Muallimin Muallimat, dan dilakukan setiap tahun. (ma)

Add a Comment