Kegiatan Ramadhan Khataman Kitab Kuning

Muallimin Online,
Untuk mengisi kegiatan dalam bulan suci Ramadhan dan meningkatkan kemampaun dalam membaca kitab kuning, Madrasah Muallimin Muallimat Enam Tahun Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menyelenggarakan khataman kitab kuning dengan sistem weton (guru membaca kitab kuning, siswa memberikan arti).

Kegiatan yang diselenggarakan mulai Kamis (10/06/2015) sampai Jumat (03/07/2015) atau sejak tanggal 1-16 Ramadhan 1436 H ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi Muallimin Muallimat, mulai dari kelas I sampai kelas V. Mereka melaksanakan kegiatan di kelasnya masing-masing. Setiap kelas ada seorang guru yang membacakan kitab kuning mulai pukul 07.00-09.30 WIB bagi siswi Muallimat dan pukul 10.00-11.30 bagi siswa Muallimin.

Kegiatan yang menjadi program Madrasah dan dilaksanakan oleh Wakil Kepala bagian Kurikulum ini dibagi ke dalam dua kategori. Kategori pertama diikuti oleh kelas I-III dengan menggunakan kitab Fathul Qorib, dan kategori kedua diikuti kelas IV-V dengan menggunakan kitab Minhajut Thullab.

Sesuai yang disampaikan oleh Humasy Madrasah Muallimin Muallimat, Maksudm Chudlori, M.Ag, “Harapan Madrasah dalam hal ini Kepala Madrasah, kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning”.

Jika diamati di kelas-kelas, kelihatan siswa-siswi mengikuti kegiatan ini dengan cukup semangat dn antusias. Hal ini juga karena kitab-kitab yang dibacakan merupakan materi dalam ujian membaca kitab. (mak, ma)

Be Sociable, Share!

Add a Comment