Haul Pendiri Muallimin Muallimat, KH Abd Fattah Hasyim, Diperingati Hari Ini


Muallimin Online,
Hari ini, Kamis (25/01/2018), diselenggarakan peringatan Haul ke-42 pendiri Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum, KH Abdul Fattah Hasyim.

Peringatan Haul ini bertepatan dengan penanggalan Jawa hari Kamis Malam Jumat Legi, bulan Jumadil Awal.

Puncak peringatan diselenggarakan di halaman rumah Almarhum, yang berada di komplek Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Kiyai Fattah, yang merupakan paman sekaligus guru dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, pada tahun 1953, mula-mula hanya mendirikan Madrasah Muallimat 4 Tahun (untuk putri), sebagai kelanjutan dari Madrasah Ibtidaiyyah (BI) Bahrul Ulum yang didirikan terlebih dulu.

Pada masa selanjutnya, Kiyai yang juga keponakan dari KH Abd Wahab Hasbullah (pendiri Nahdlatul Ulama) ini, melengkapi Madrasah Muallimat dengan mendirikan Madrasah Muallimin (untuk putra), dan seluruhnya ditempuh dalam waktu 6 Tahun.

Sampai saat ini, Madrasah yang Kiyai Fattah dirikan bersama-sama dengan beberapa guru dan kiyai ini, masih terus berjalan dengan mempertahankan sistem dan kurikulum yang dibuat saat awal. Meskipun saat ini tantangannya luar biasa dengan sering berubahnya sistem pendidikan di Indonesia.

Hal ini karena, Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, secara internal masih mempertahankan struktur kurikulum dengan 80% pelajaran agama salaf, dan 20% pelajaran umum. Sementara disisi lain, Madrasah juga mengikuti sistem dan kurikulum dari negara, karena Madrasah masih meengikuti Ujian Negara.

Menurut rencana puncak perinagatan Haul dihadiri oleh KH Miftakhul Akhyar, Wakil Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), yang juga murid dari KH Abdul Fattah saat mondok di Tambakberas. (ma)

Add a Comment