Hataman Kitab Pelajaran Untuk Mencapai Target


Muallimin Online,
Dalam satu semester, terkadang beberapa kitab kuning yang menjadi buku pegangan dalam pelajaran di Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul.Ulum belum selesai dibaca dan diterangkan, sesuai target batas yang telah ditetapkan Madrasah.

Untuk mencapai target batas yang telah ditetapkan Madarasah, sesuai dengan program pembelajaran secara kuantitatif, maka beberapa guru yang belum mencapai target melakukan hataman setelah pelaksanaan ujian Penialaian Akhir Tahun (PAT). Demikian disampaikan salah satu pimpinan Madrasah, Bambang Hariadi, MPd.

Pada hari ini, Selasa (29/05), ada tiga kelas yang melakukan hataman, yaitu untuk kitab Arudl dan Balaghah kelas 5, yang dibacakan oleh Drs H Abdul Rohim Maruf,¬† Kitab Sullamun Nairoin (ilmu Falak) kelas 5 oleh KH Abdul Mujib Adnan dan, Kitab Ta’limul Muta’allim, (Ilmu Akhlak) kelas 3 oleh Bambang Hariadi, MPd.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.00 WIB tersebut, ditargetkan akan dihatamkan selama 2-3.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bersama digabungkan 3 kelas, karena metode yang dilakukan adalah weton (seminar).

Dalam metode ini, kegiatan proses pembelajaran dilakukan seperti ngaji kilatan. Kitab dibacakan dengan agak cepat, kalau ada yg perlu dijelaskan dijelaskan secukupnya. Hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu.(ma)

Be Sociable, Share!