Hari ini, Tes Masuk Siswa Baru

Calon siswi kelas IA sedang dites baca al Quran

Muallimin Online,
Hari ini, Selasa (13/06/2017), Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum, menyelenggarakan Tes Masuk Gelombang I siswa-siswi baru untuk tahun pelajaran 2016/2017.

Menurut Ketua Panitia PPDB Madrasah, H. Abdulloh Rifan, Lc, tes masuk yang diselenggarakan di kelas-kelas Madrasah diikuti oleh 459 orang. Terdiri dari 303 calon siswa Muallimin, dan 243 calon siswi Muallimat. “Sedangkan jumlah siswa terbanyak mendaftar masuk kelas IA dan 3A, yaitu masing-masing 145 calon siswa-siswi. Sedangkan yang paling sedikit adalah yang mendaftar kelas IV, yaitu 17 calon siswa-siswi”, katanya.

Sebagaimana yang telah diberitakan dan sudah menjadi sistem selama ini bahwa, siswa-siswi baru Madrasah Muallimin Muallimat bisa mengikuti tes masuk kelas I, Kelas II, Kelas III atau Kelas IV. Siswa baru akan diterima di kelas berapa, ditentukan dari hasil tes. Artinya siswa baru tidak ditentukan sepenuhnya, apakah sudah memiliki ijazah atau belum. Tetapi dilihat, apakah siswa tersebut mampu menyelesaikan tes dengan baik, dan mendapatkan nilai sesuai dengan kelas yang dituju. Namun bagi siswa yang belum memiliki ijazah setingkat MTs/SMP tidak bisa mengikuti tes masuk kelas IV. Hal ini karena siswa tersebut harus mengikuti ujian negara tingkat MTs/SMP saat kelas III.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Rifan ini menyampaikan bahwa, Tes calon siswa-siswi baru dibagi menjadi dua. “Bagi calon siswa-siswi kelas IA, tes yang terdiri dari Bahasa Arab, menulis Arab dan Baca Al Qur’an hanya dilaksanakan satu hari ini (Selasa, red). Bagi calon siswa-siswi kelas IB, IIA, IIA dan IV, materi tes tulis terdiri dari Bahasa Arab, Nahwu dan Shorof “, jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Rifan menyampaikan agar besok, Rabu (14/06) calon siswa-siswi menyiapkan ujian lisan, yang terdiri dari membaca al Quran dan Kitab Fathul Qorib bagi calon siswa-siswi kelas IB, IIA dan IIIA. Sedangkan bagi calon siswa-siswi kelas IV tes membaca al Quran dan Kitab Fathul Muin.

Bagi calon siswa-siswi yang lulus tes, diharuskan melakukan daftar ulang pada 19 – 22 Juni 2017. Hasil tes akan diumumkan secara on-line. (ma)

Add a Comment