Giliran Siswa Muallimin Gelar MUSA I


Muallimin Online,
Setelah seminggu yang lalu, Kamis-Jumat (02-03/08), siswi Muallimat menyelenggarakan Musyawarah Siswa (MUSA) I, pada hari ini, Jumat (10/08), siswa Muallimin yang menggelar MUSA I.

Peserta yang terlibat dalam gelaran MUSA I kali ini sekitar 20 orang, yang terdiri dari pengurus Organisasi Siswa Madrasah Muallimin masa khidmat 2017/2018, perwakilan kelas 2, 3 dan 4.

Menurut Waka Kesiswaan, Bambang Hariadi, kegiatan ini ditujukan untuk melatih siswa bisa belajar berorganisasi dengan baik. “Karena itu melibatkan perwakilan kelas mulai kelas 2 sampai kelas 5”, katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang kelas 6 Madrasah Muallimin tersebut merupakan perencanaan strategis (strategic planning) organisasi siswa. Sebagaimana perencanaan startegis, alur diskusi yang dilakukan adalah: analisis visi, analisis misi, analisis SWOT, perumusan masalah strategis 3 tahun, dan perumusan program strategis 3 tahun, yang kemudian dirumuskan sebagai Pokok-pokok Program Organisasi Siswa Madrasah Muallimin selama 3 tahun ke depan.

Selanjutnya, Pokok-pokok Program yang sudah diberi indikator selama 3 tahun tersebut, akan disahkan dalam konferensi atau rapat umum siswa, dan kemudian dijabarkan dalam rencana kerja 1 tahun dalam rapat kerja pengurus Organisasi Siswa.

Dalam melakukan beberapa analisis, Ketua OSIS Muallimin 2017/2019, Fatihul Huda, bisa secara detail melakukan analisis kekuatan dan kelemahan. “Ada beberapa masalah yang belum masuk dalam analsis, misalnya kegiatan roan (kerja bakti, red), petugas doa di awal jam pelajaran dan kegiatan PHBI”, katanya.

Dari analisisnya tersebut, akhirnya kegiatan-kegiatan yang selama ini tidak masuk dalam program dan kegiatan OSIS bisa dimasukkan menjadi bagain dari program. Hal ini berkat analisis yang dilakukan.

Salah satu peserta mengaku, model perencanaan seperti ini menjadikan siswa bisa memahami bagaimana berorganisasi yang baik, dengan melakukan perencanaan terlebih dulu, kemudian menentukan orang (personalia) yang akan melakukan perencanaan tersebut. (ma)

Be Sociable, Share!