Al Haflatul Kubro 2013 Di Bahrul Ulum

Muallimin Online,
Dalam rangka Hari Ulang Tahun Madrasah Ke 89 dan Pondok Pesantren Ke 188, santri Bahrul Ulum yang membentuk kepanitiaan khusus mengadakan acara al Haflatul Kubro tahun 2013. Acara yang rutin diadakan setiap tahun tersebut selalu dihadiri ribuan santri, alumni dan masyarakat sekitar.

Acara al Haflatul Kubro diadakan melalui serentetan kegiatan, baik berupa lomba-lomba antar santri, pemilihan santri terbaik, sampai acara-acara yang bersifat sosial, yang membantu masyarakat sekitar.

Acara puncak al Haflatul Kubro yang berupa pengajian umum pada tahun ini mengundang tokoh NU yang pernah menjadi ketua Tanfidziyah PBNU, KH Hasyim Muzadi. Dalam memberikan tausiyah kepada para santri yang berjumlah sekitar 6000 orang, Kiyai HAsyim menekankan pentingnya menjadi seorang da’i dan politisi. Karena pada prinsipnya antara ulama dan umaro tidak bisa dipisahkan.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, di Pesantren Bahrul Ulum sudah dibekali ilmu agama dan ilmu umum yang sangat luas sekali. Di pesantren juga diajari tentang kemandirian dan tanggung jawab yang tinggi, baik pada diri sendiri maupun pada masyarakat pada umumnya.

Sedangkan menurut Ketua Panitia al Haflahtul Kubro, Tomy Lutfan, siswa kelas V Muallimin, dalam sambutannya mengatakan bahwa, terselenggaranya acara seluruh rankgaian al haflatul kubro dengan sukses, berkat kejasama yang baik antara panitia dengan Pengurus Yayasan Bahrul Ulum Tambakberas. (mak)

Add a Comment