Ceramah Maulid Siswa Muallimin Di Masyarakat

Muallimin Onl
Bulan ini, dalam kalender Hijriyah merupakan bulan yang sangat istimewa. Dalam bulan ini, yaitu bulan Rabiul Awal, Umat Islam memperingati Maulid Nabi yang sangat dicintainya, Nabi Muhammad SAW. Di berbagai daerah di Indonesia, peringatan Maulid Nabi dilaksanakan dengan berbagai macam cara. Ada yang menyelenggarakan peringatan Maulid dengan kenduri buah-buahan. Ada juga yang memperingati dengan memperebutkan gunungan jajanan, dan lain-lain.

ceramah-maulid-2016-1Namun, dari semua macam cara peringatan Maulid, yang paling utama adalah Pembacaan sholawat kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk selalu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam rangka peringatan Maulid tersebut, di salah satu dusun di wilayah kecamatan Megaluh Jombang, yaitu di desa Paritan, pada Ahad (11/12/2016) diselenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan yang diselenggarakan di Masjid setempat diikuti oleh sebagian besar warga, baik perempuan maupun laki-laki, anak-anak dan orang-orang dewasa. Dari semua jamaah yang hadir terlihat khusyu’ mengikuti jalannya kegiatan, yang dibuka dengan bacaan Maulid Diba’.

Dalam kesempatan tersebut, siswa Madrasah Muallimin Bahrul Ulum diminta untuk menjadi penceramah. Dengan bekal skill berceramah yang baik, siswa tersebut mampu membuat jamaah yang hadir betah duduk mendengarkan materi ceriamah yang cukup menarik terkait kisah Nabi Muhammad SAW.

Menurut Maksum Chudlori, Humasy Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum, masyarakat desa Paritan mengundang siswa Muallimin untuk berceramah, karena di masjid tersebut, setiap Jumat Wage, siswa Muallimin memiliki jadwal untuk khutbah Jumat. “Kami berharap apa yang disampaikan para siswa yang bertugas bisa bermanfaat, tidak saja untuk siswa tetapi juga untuk masyarakat”, harapnya. (m.a)

Add a Comment