Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Wafat

Muallimin Online,
Apa ada amal (kegiatan) yang termasuk birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua), saat orang tua sudah meninggal dunia? Sesuai dengan Hadist Rasullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, amal tersebut ada.

Hal ini disampaikan oleh KH Sulthon Abdul Hadi, pengasuh PP BahrulUlum Tambakberas Jombang serta menantu KH Abdul fattah Hasyim, dalam sambutan atas nama keluarga dalam peringatan Haul KH Abdul Fattah Hasyim ke 37 pada Kamis (21/03) di halaman rumah Pondok Pesantren Putri Alfathiiyyah.

Lebih lanjuta,Kiyai Sulthon menyampaikan bahwa, dalam Hadist tersebut dikatakan, amal-amal yang masih bisa dilakukan sebagai kegiatan berbakti kepada orang adalah: pertama, berdo’a kepada orang tua yang sudah wafat. Hal ini sesuai juga dengan hadist Nabi Muhammad SAW tentang amal jariyah yang masih mengalir saat seseorang sudah meninggal.

Kedua, memintakan ampunana kepada Allah SWT bagi kedua orang tua. Ketiga, melaksanakan janji yang pernah dilontarkan oleh kedua orang tua yang belum terlaksana,saat kedua orang tua masih hidup.

Keempat, menyambung tali silaturrahim dengan keluarga, yang tidak bisa dilakukan kecuali lewat jalur kekeluargaan orang tua. yang terakhir,menghormati teman-teman kedua orang tua saat masih hidup. (mus)

Add a Comment