Bahtsul Masail Siswa: Bagaimana Hukumnya Memilih Pemimpin Non Muslim

Muallimin Online,
Untuk meningkatkan kapasitas ketrampilan siswa dalam membahas berbagai persoalan ke-kinian dari perspektif kitab kuning, secara rutin Madrasah memfasilitasi siswa-siswi untuk menyelenggarakan kegiatan Bahtsul Masail diniyah waqi’iyah dan maudu’iyah (diskusi persoalan-persoalan faktual kekinian dan┬átematik).

bahtsul-masail-2016-2Pada bulan ini, kegiatan diselenggarakan pada Selasa (08/11/2016) yang lalu, bertempat di Aula Madrasah Muallimin Muallimat Bahrul Ulum Tambakberas.

Menurut Maksum Chudlori, Humas Madrasah, “kegiatan Bahtsul Masail secara rutin diikuti peserta perwakilan dari kelas III sampai kelas VI”.

“Diharapkan dari kegiatan ini, siswa-siswi memiliki kemampuan yang memadai dalam memahami kitab kuning, khususnya dalam bidah fiqh, sehingga siswa-siswi bisa mencari solusi persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat dari kitab kuning warisan para ulama salaf”, katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, “dalam kegiatan ini, seluruhnya dilakukan oleh siswa, namun ada guru yang pembimbing yang mentashih hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh siswa”.

Dalam Bahtsul Masail kali ini, masalah yang dibahas adalah tentang memilih pemimpin non-Muslim bagi umat Islam. Pertanyaan yang diajukan: Bagaimana hukumnya memilih pemimpin Non-Muslim?

Add a Comment