7000 Santri Mengikuti Pembukaan HUMAPON

Muallimin Onine,
Sekitar 7000 santri yang menempati 30 ribath (asrama) di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas Jombang, pada Ahad (07/04/2015) mengikuti pembukaan Hari Ulang Tahun Madrasah Ke-100 Dan Pondok Pesantren Ke-190 (HUMAPON).

Kegiatan yang diselenggarakan di Lapaangan Untung Suropati Desa Tambakberas tersebut, dimulai dengan melakukan pawai dari masing-masing ribath. Pawai menampilkan tema tradisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Pondok Induk Bahrul Ulum menampilkan tema tradisi Tengger lengkap dengan miniatur gunung Bromo yang diarak dari halaman Pondok Induk. Peserta yang lain, dari Ribath al-Maliki, mengusung tema reyog Ponorogo berserta dengan tradisi warok dan silat yang berkembang di wilayah tersebut.

Setelah melakukan pawai dan sampai di lapangan Untung Suropati, semua peserta menampilkan atraksi dari masing-masing ribath. Setiap penampilan atraksi selalu mendapat sorakan dari seluruh peserta pembukaan.

Disamping dihadiri ribuan santri, acara pembukaan Humapon ini juga dihadiri oleh ratusan guru, termasuk dari pengurus Yayasan PPBU dan Majelis Pengasuh PPBUH. Setelah melalui berbagai agenda acara, akhirnya Humapon secara resmi dibuka oleh Ketua Majelis Pengasuh PPBU, DR. KH M. Hasib Wahab, dengan menyalakan api Humapon yang terpasang di tengah-tengah lapangan. (Maksum – Mus)

Add a Comment